BEM KM UGM Kabinet Kolaborasi Kebaikan
Seorang Pemimpin(n) Yang di Aamiinkan Tuhan

BEM KM UGM Kabinet Kolaborasi Kebaikan

kolaborasi kebaikan

Assalamu’alaykum wr.wb.

Salam cinta, salam perjuangan.

Atas nama cinta kita berjuang.

Hidup Mahasiswa Indonesia!

Hidup Mahasiswa Gadjah Mada!

Hidup Rakyat Indonesia!

Alhamdulillah, perjalanan punggawa BEM KM UGM Kabinet Kolaborasi Kebaikan telah mencapai puncak tertinggi di UGM. Puncak itu telah kami daki dengan wajah tegak menatap ke langit, penuh dengan semangat dan tanggung jawab. Namun, mencapai puncak saja tidak cukup membuat kami jumawa. Setelah berada di puncak justru membuat kami sadar bahwa kami begitu kecil, lemah dan tak berdaya dihadapan pemilik semesta.

Allah Swt telah menciptakan langit dan bumi dengan perhitungan yang rumit. Akal pikir kita sebagai manusia yang disebut cerdik sekalipun ketika dihadapkan oleh kuasa-Nya tidak ada apa-apa. Tak sanggup kita menjangkau barang sejengkal. Untuk itu, perjalanan ini malah membangkitkan ghirah perjuangan kami untuk semakin mendekati-Nya yang tak terbatas itu. Di titik ini kami sadar, kami sedang berada ditengah perjalanan panjang menuju Dia yang tak terbatas.

Apa pun disiplin ilmu yang kami pelajari diperkuliahan, apa pun tugas dan tanggung jawab kami di BEM KM UGM, itu semua merupakan hal kecil apabila manfaatnya tidak mampu dirasakan seutuhnya bagi banyak orang. Untuk itu, kami dengan sadar diri berupaya menerima dan melaksanakan amanah ini sebaik-baiknya.

Kami pun membagi peran di BEM KM UGM ke dalam satu Kesekjenan dan tiga Kemenkoan yang masing-masing di dalamnya terdapat empat Kementerian. Dalam Kesekjenan kita telah berupaya membentuk sistem kaderisasi yang baik, transparansi dana, media yang informatif, dan administrasi yang rapih. Kemudian, dalam Kemenkoan Kemahasiswaan kita telah menjadi garda terdepan pelayanan advokasi dan kesejahteraan mahasiswa, merawat jejaring dengan entitas Keluarga Mahasiswa di Fakultas hingga Departemen, membuat kegiatan yang mampu menyalurkan sekaligus meningkatkan karya dan potensi mahasiswa, serta membuat bisnis dan mencari dukungan finansial yang mampu menyokong pergerakan.

Selanjutnya, Kemenkoan Kemasyarakatan yang bertugas untuk membela kaum mustad’afin. Merekalah Kemenkoan yang jauh dari caci-maki publik. Kemenkoan ini memiliki jumlah staf yang sangat besar dan siap kapan pun untuk diterjunkan ke tengah masyarakat. Sehingga, perannya seperti hadir dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, melihat potensi sekaligus memberdayakan desa, didukung oleh riset khas mahasiswa, serta proses advokasi pemindahan Kantin Sosio-Humaniora. Terakhir, Kemenkoan Eksternal yang mendapatkan mandat untuk mengkaji isu-isu strategis, terlebih isu pendidikan tinggi, dikarenakan acara didukung oleh jejaring yang kuat sehingga pewacanaan dan propaganda menjadi masif.

Sedikit saja mengulang masa setahun silam saat tawaran itu datang. Yah, saya ditawari oleh Partai Bunderan untuk menjadi calon Presiden Mahasiswa; melanjutkan kebaikan yang telah dilaksanakan oleh Kabinet Inspirasi Indonesia. Dengan penuh keberanian saya coba untuk ambil bagian. Dan setelah menjadi Presiden Mahasiswa, saya sadar betul bahwa tugas yang saya emban tidaklah mudah.

Dengan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan pengurus harian beserta staf, yang senantiasa membantu dan mendukung untuk membuat organisasi ini besar dan terpandang di segala penjuru. Kalian telah menjadikan organisasi ini tak pernah sepi dari kegiatan yang manfaat, selalu ambil bagian dalam pelbagai persoalan bangsa, menjadikan sekretariat selalu ramai dengan gagasan disertai tawa-canda.

Semoga Allah Swt., selalu melindungi kita semua, mendewasakan serta saling mengikhtiarkan untuk tetap menjaga dan terjaga sampai waktu yang tak terbatas. Semoga apa yang disampaikan juga mampu menjadi pemantik imajinasi tiada henti. Terakhir, kenanglah persaudaraan ini disepanjang hidupmu. Mari kita menuju tak terbatas!

Wassalamu’alaykum wr.wb.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *