Bertugas, Bung
Seorang Pemimpin(n) Yang di Aamiinkan Tuhan

Bertugas, Bung

Mahasiswa Kampus Kerakyatan

Hari ini, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan. Mulai dari mendiskusikan tugas “politik representasi” terkait Dewan Kehutanan Nasional, menyambi tugas mata kuliah yang lain: manajemen resiko, politik keuangan negara, pengembangan kapasitas dan organisasi publik, dan menghadiri konsolidasi bersama mahasiswa UGM.

Yang terakhir inilah yang menarik. Tadi sore, ada sekitar 28 biji yang ikut berkumpul untuk mendiskusikan kecemasannya terkait penarikan biaya kkn dari kantong pribadi mahasiswa sebesar dua juta rupiah. Padahal, bila kita mencermati hadirnya UKT adalah sebagai upaya untuk mengurangi beban mahasiswa, bahwa tidak akan ada lagi biaya pungutan lain yang dilakukan Universitas.

Kami semua telah mengeluarkan sumbangsih pemikiran, argumen, gagasan mengenai sesuatu yang dapat kami lakukan bersama. Pada akhirnya, tercapailah sebuah kesepakatan bahwa elemen yang hadir dalam konsolidasi tadi akan bergabung dengan elemen yang sebelumnya telah terbentuk. Sebab, isu yang dikawal adalah sama. Sehingga, sudah saatnya kecemasan ini ditangguh bersama dan tak lagi menjadi kegelisahan beberapa orang saja.

Di sini, yang pasti kami takkan diam dengan kondisi yang demikian. Akan terus bertambah orang merasakan kegelisahan yang sama. Bersiaplah, Pak, Buk, di Rektorat. Ciyaaatt…

 

Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia

Cemas KKN 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *