Deklarasi Perjuangan Pendidikan UGM
Seorang Pemimpin(n) Yang di Aamiinkan Tuhan

Deklarasi Perjuangan Pendidikan UGM

Deklarasi Perjuangan Pendidikan Mahasiswa UGM

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

Sebagaimana kita pahami bahwa pendidikan adalah medan pertarungan ideologi yang menentukan masa depan bangsa. Di saat bersamaan, pendidikan merupakan kunci perjuangan. Dan oleh karena itu, segala hal yang merintangi akses rakyat terhadap pendidikan, yang mana di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan untuk dijadikan sebagai sarana memperjuangkan diri dan sekitarnya dari penindasan harus dihapuskan.

Segala bentuk tindakan yang merugikan anak bangsa di mana ruang belajar di sekolah/kampus sebagai wahana “memanusiakan manusia” kian memudar. Hal ini terjadi karena beban akademik semakin berat, tuntutan lulus cepat untuk sekedar memenuhi kebutuhan industri, dan upaya normalisasi kehidupan ruang belajar agar menghasilkan orang-orang yang sekedar patuh dan terampil.

Di lain hal kita tak bisa menerima pendidikan semakin tak terjangkau. Padahal janji kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa; di mana negara bertanggung jawab membuka akses positif bagi rakyat untuk mengenyam pendidikan dari dasar, menengah dan tinggi.

Dengan penuh kesadaran, keikhlasan dan tanggung jawab akan memperjuangkan pendidikan di Indonesia, maka kami mahasiswa Universitas Gadjah Mada menyuarakan “Deklarasi Perjuangan Pendidikan UGM” yang isinya:

  1. Kami mahasiswa Universitas Gadjah Mada bersumpah untuk setia berkomitmen sebagai pengawal terdepan isu pendidikan di Indonesia.
  2. Kami mahasiswa Universitas Gadjah Mada bersumpah untuk melawan segala bentuk tindakan yang mengomersialisasikan pendidikan dan menggadaikan ilmu pengetahuan.
  3. Kami mahasiswa Universitas Gadjah Mada bersumpah untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia sepanjang hayat sampai terwujudnya “Jaminan Pendidikan Nasional”. Sehingga rakyat dapat mengenyam pendidikan secara gratis dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi.

 

Demikian deklarasi yang kami sampaikan. Semoga rahmat Tuhan YME senantiasa mengiringi perjalanan kita demi terwujudnya “Jaminan Pendidikan Nasional”.

 Presma UGM dan Menristekdikti

Bulaksumur, 30 Januari 2017

 

 

Aliansi Mahasiswa UGM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *