Ketaatan
Seorang Pemimpin(n) Yang di Aamiinkan Tuhan

Ketaatan

IMG-20160309-WA0006

Bismillah….

“Tidak ada Islam tanpa berjamaah, sementara tidak ada jamaah tanpa ada kepemimpinan, dan tidak ada kepemimpinan tanpa ketaatan.”

Prinsip di atas menggambarkan bahwa dasar dari penggerak Islam adalah ketaatan; ketaatan yang benar-benar; ketaatan yang tidak dibuat-buat. Hal ini dengan begitu mudah dapat dilihat dari seberapa jauh syariat Islam itu dilaksanakan; seberapa jauh ketaatan kita terhadap Allah SWT dan ajaran Rasulullah SAW; seberapa jauh ketaatan kita kepada pemimpin kita sendiri.

Bila umat Islam tidak memiliki ketaatan, maka tidak akan pernah muncul suatu kepemimpinan, dan tidak ada akan pernah ada persatuan dalam barisan jamaah. Sehingga, jika tidak adanya persatuan dalam bentuk jamaah, maka Islam akan sangat mudah dihancurkan oleh orang-orang yang memusuhinya. Sederhananya, musuh-musuh Islam terus berusaha mengusik narasi dakwah_baik fardiyah maupun jama’iyah_yang senantiasa dilakukan.

Dititik inilah, kita mulai diingatkan kembali dengan esensi Islam itu sendiri: perdamaian dan pembebasan. Perdamaian ini dimulai dari upaya saling memahami, membebaskan prasangka buruk. Sedangkan, pembebasan sendiri ini dimaknai sebagai pembebasan penindasan manusia atas manusia. Setiap dari kita diberikan hak untuk menentukan sikap. Maka, jadikanlah ini sebagai sinyalemen untuk menumbuhkan sikap toleran dan kebinekaan yang hakiki, membentuk kerukunan di antara kita dengan setiap insan berkepribadian yang tenang-menenangkan, dan perkataannya yang senang-menyenangkan. Inilah pesan ketaatan dari setiap pemimpin-pemimpin umat kita. Kita pasti bisa melakukannya.

Semoga penugasan Strategic Leadership Training (SLT) ini bukan hanya menjadi pesan bagi rekan-rekan Beasiswa Aktifis Nusantara (Baktinusa), tetapi bagi kita semua, saudara-saudara kita di manapun mereka berada. Bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri.

#baktinusa
#slt
#kepemimpinan
#dompetdhuafa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *